Cara setting bios untuk install komputer windows

    Untuk melakukan instalasi windows ke komputer atau laptop anda. yang harus pertama anda lakukan adalah setting biosnya. untuk setting bios letaknya berbeda-beda untuk masing-masing komputer, berikut adalah beberapa kumpulan tombol kombinasi setting bios untuk laptop beserta tipenya
  1. Dell = F12/Delete
  2. Acer = F2
  3. Lenovo = Delete/Lubang kecil yang biasanya terdapat pada bodi laptop
  4. ASUS = F2
  5. Toshiba = Delete
  6. HP = Esc
  7. dll

Setting Bios Untuk install windows melalui Flashdisk

    Untuk memulai setting bios langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke menu biosnya. Untuk masuk ke menu bios pada umumnya bisa menggunakan tombol kombinasi delete , f2 atau f12 itu semua tergantung laptop anda masing-masing.
Kapan melakukan proses menekan tombol kombinasi tersebut ?... anda dapat menekan tombol kombinasi bisa dilakukan pada saat:
  1. saat menyalakan komputer pertama kali, kemudian muncul logo type laptop dengan latar biru atau hitam.
  2. jika momen tersebut sudah terlewat jangan pernah matikan komputer anda dengan menekan tombol power karena bisa merusak komponen komputer anda. tunggu sampai masuk windows dan restart kembali

Trik Saya biasanya ketika komputer nyala pertama kali, saya spam kombinasi tombol delete+f2 karena itu sangat praktis bisa masuk bios secara langsung tanpa harus menunggu.

 3. kemudian setelah menekan tombol delete+f2 Akan muncul tampilan menu BIOS seperti gambar dibawah ini. 

Cara setting bios untuk install  komputer windows

Ingat yah, tampilan menu BIOS pada setiap komputer/ laptop juga tidak semua sama. 

    Pada umumnya apapun jenis bios yang digunakan oleh komputer anda pada intinya adalah sama, masalah letak menu bios yang berbeda itu tergantung dari versi terbaru bios yang anda gunakan atau versi mainbord komputer anda sudah terbaru. jadi ga usah bingung jika pada tutorial ini letaknya berbeda.

4. Setelah itu, pindah ke tab Boot dengan menggunakan tombol ◄ ► pada keyboard komputer atau laptop.

5. kemudian jika urutan tampilan seperti dibawah ini pada menu boot dibawah ini. 

Cara setting bios untuk install  komputer windows

Ketika anda sudah masuk ke menu bios dengan tampilan seperti diatas, maka anda pilih " removable disk ". dengan cara pindahkan posisinya menggantikan "Hard drive". adapun caranya dengan menekan tombol + untuk keatas dan tombol - untuk kebawah.
adapun bentuk tampilan bios boot berbeda tergantung type komputer atau laptopnya. seperti tampilan dibawah ini.

Cara setting bios untuk install  komputer windows


Dari gambar diatas kita sudah dapat menemukan menu untuk setting yaitu "Boot Device Priority". Gunakan tombol panah kanan atau kiri dan enter untuk mengaturnya.

6. Setelah pengaturan boot selesai dan anda sudah memastikan untuk boot pertama ke usb flash drive, maka tekan F10 untuk menyimpan dan save pengaturannya.

Langkah selanjutnya setelah setting bios adalah install windowsnya. adapun artikelnya dapat anda baca di menu bawah ini.


Mengenal Fungsi dari menu bios

Setelah masuk menu bios biasanya ada 5 menu yang disediakan, diantaranya yaitu :
1. Main
2. Advance
3. Scurity
4. Boot
5.exit

Main menu Bios

    Umumnya menu main berisi tentang waktu dari sistem komputer anda dan juga drive yang terpasang pada komputer anda.
tidak menutup kemungkinan dimasa depan vendor pemilik dari komputer tipe yang anda miliki akan memiliki tambahan informasi lainnya di masa depan mendatang. berikut ini adalah tampilan dari main menu bios

Cara setting bios untuk install  komputer windows

Advanced menu bios

    Isi dari advance menu adalah untuk mengatur komponen yang terpasang. dan masing masing main menu dapat dilihat keterangannya disamping kanannya untuk tiap penjelasannya. dan berikut adalah menu dari advance bios.

Cara setting bios untuk install  komputer windows

Scurity menu bios

    Pada menu scurity adalah tempat untuk menyeting komputer anda supaya aman. biasanya discurity ini anda bisa memberi password pada bios ataupun hardisk anda. jadi ketika laptop anda kemalingan dan simaling akan menginstall ulang komputer anda maka jika anda memberikan password pada bios anda, sebelum masuk menu bios akan meminta password terlebih dahulu. berikut adalah tampilan scurity menu pada bios.

Cara setting bios untuk install  komputer windows

Boot menu bios

Boot menu digunakan untuk setting ketika akan menginstall OS windows, didalamnya bisa menggunakan flashdisk ataupun dvd . berikut adalah tampilan dari Boot menu bios

Cara setting bios untuk install  komputer windows


Exit menu Bios

Exit menu adalah menu untuk keluar dari setting bios. berikut adalah tampilan dari menu exit pada bios.

Cara setting bios untuk install  komputer windows


demikian semoga bermanfaat tutorialnya.


Tutorial Install Windows Lengkap.


    6. Kebutuhan Setelah install Windows




Posting Komentar

0 Komentar